Umpan Paling Disukai Ikan Tarpon/Bulan-Bulan Yang Wajib Diketahui Mancing Mania

Jika kamu adalah seorang mancing mania yang suka menangkap ikan berukuran sedang dengan sensasi yang seru maka kamu harus mencoba mancing ikan tarpon. Apa itu ikan tarpon? bagaimana cara mancing ikan tarpon? Umpan dan Lure apa yang paling efektif untuk memancing ikan tarpon? Semua pertanyaan ini akan kami jawab di artikel di bawah ini, jadi kamu harus menyimaknya sampai selesai.

Apa Itu Ikan Tarpon?

Apa Itu Ikan Tarpon
Apa Itu Ikan Tarpon

Ikan Tarpon atau kita kenal juga dengan ikan bulan-bulan adalah jenis ikan yang memiliki ukuran tubuh yang sedang yang termasuk dalam keluarga Megalopidae.

Ikan ini bisa kita jumpai di beberapa tempat di Indonesia, untuk penyebutan dari ikan ini di jawa tengah dinamai ikan  Seleh, di Jawa Timur dikenal dengan ikan Trupang dan di Sulawesi Selatan dikenal dengan nama ikan Kampulan.

Karakteristik Ikan Tarpon

Karakteristik Ikan Tarpon
Karakteristik Ikan Tarpon

Ikan Tarpon atau bulan-bulan memiliki karakteristik tubuh berwarna keperakan pada bagian sampingnya, sedangkan bagian punggung ikan lebih berwarna hijau kebiruan. Pada bagian sisik ikannya berukuran besar, pada bagian bawah satu siripnya memanjang dan berserat sampai ke ekor.

Untuk karakteristik mulutnya ikan ini mengarah ke atas, karena rahang bawah terdapat tampal gigi yang bertulang dan memanjang. Keunikan ikan ini juga dapat mengisi gelembung renang dengan berenang ke atas permukaan air dan menyerap oksigen. Ukuran dari ikan ini maksimal hanya sekitar 50 cm di air tawar dan di laut ikan ini bisa tumbuh dengan ukuran mencapai 1 meter.

Habitat dan Lokasi Banyak Ikan Tarpon

Habitat Ikan Tarpon
Habitat Ikan Tarpon

Jika kamu saat ini sedang berniat untuk mancing ikan tarpon, maka kamu harus mengenali habitat dan lokasi yang banyak ikan jenis ini. Ikan satu ini umumnya memiliki habitat di muara, kawasan takungan air, dan paya pakau yang memiliki kadar air asin yang sesuai dengan karakteristik ikan ini.

Jadi kamu harus benar-benar mencari tempat yang telah kami sebutkan diatas di daerah tempat kamu tinggal untuk bisa memancing ikan yang satu ini. Untuk dapat mengetahui apakah lokasi yang kamu datangi banyak ikan tarpon atau tidak, sangat mudah karena ikan ini sering melakukan aktivitas di tempat yang terbuka dan di dekat permukaan air untuk mengambil oksigen dari udara.

Tetapi walaupun sering menampakan diri ke permukaan air, ikan bulan-bulan ini tidak semudah yang kamu banyangkan untuk mendapatkannya. Ikan ini akan langsung menghilang jika menyadari bahwa ada sesuatu yang mengancam termasuk ketika ada pemancing yang coba membutunya.

Di habitat aslinya ikan tarpon merupakan ikan pemangsa yang oportunis yang umumnya memakan udang, ikan kecil dan juga terkadang memakan tanaman. Di daerah pesisir umumnya ikan ini memakan ikan haring dan udang serta ikan kecil lainnya. Jika di ait tawar ikan ini biasa memangsa udang air tawar dan ikan-ikan kecil air tawar yang ada di sekitar habitat dari ikan tarpon.

Untuk kamu yang ingin mencoba sensasi memancing ikan tarpon, kamu bisa mengunjnungi laguna pantai glagah atau sungai bogowonto di daerah congot, kulon progo yang ada di Jogja.

Umpan Memancing Ikan Tarpon/Bulan-bulan

Umpan Memancing Ikan Tarpon
Umpan Memancing Ikan Tarpon/Bulan-bulan

Setelah kamu mengetahui habitat dan lokasi yang banyak ikan tarpon, maka kamu juga harus mempelajari umpan memancing ikan tarpon apa yang terbaik untuk digunakan. Ikan satu ini juga sangat unik karena bisa hidup di 2 kondisi air yang berbeda, yaitu air tawar dan juga air payu/asin. Jadi di 2 tempat berbeda ini kita juga harus bisa membedakan umpan yang kita gunakan untuk mendapatkan ikan satu ini.

Umpan Ikan Tarpon/Bulan-Bulan di Air Tawar

Umpan Ikan Tarpon di Air Tawar
Umpan Ikan Tarpon di Air Tawar

Jika kamu berniat memancing ikan tarpon di air tawar, maka kamu harus menggunakan umpan seperti jenis-jenis serangga. Serangga yang kamu gunakan juga harus dalam keadaan hidup karena ikan ini suka memangsa umpan yang bergerak.

Kamu bisa gunakan ulat atau jangkrik untuk memancing ikan tarpon di air tawar. Dari pengalaman banyak pemancing ulat merupakan makanan favorit ikan bulan-bulan, karena memiliki tekstur yang kenyal.

Umpan Ikan Bulan-bulan/Tarpon di Air Payau/Asin

Umpan Ikan Tarpon di Air Payau/Asin
Umpan Ikan Tarpon di Air Payau/Asin

Jika kamu telah mendapatkan spot memancing ikan tarpon di air payau atau asin, maka kamu harus menyiapkan umpan mancing yang berbeda. Untuk ikan tarpon yang hidup di air payau biasanya lebih suka dipancing menggunakan umpan seperti ikan kecil dan udang. Tapi saran terbaik agar bisa mendapatkan ikan satu ini di air payau dengan cepat kamu bisa gunakan udang yang berukuran sedang dan masih segar atau hidup.

Rangkaian Umpan Memancing Ikan Tarpon

Rangkaian Umpan Memancing Ikan Tarpon
Rangkaian Umpan Memancing Ikan Tarpon

Selain memperhatikan umpan yang digunakan untuk mendapatkan ikan tarpon dengan cepat dan banyak, kamu juga harus benar-benar menyiapkan alat pancing yang cocok. Karena ikan ini berukuran sedang sampai besar, kamu harus menggunakan peralatan memancing yang sanggup mengangkat ikan berukuran besar.

Saran terbaik untuk alat pancing yang digunakan untuk mendapatkan ikan tarpon, kamu harus menggunakan kail tajam dengan ukuran 8-10, dan gunakan juga mono line dengan ukuran 0,28 mm. Karena jika line atau senar berukuran terlalu besar, ikan tarpon susah untuk didapatkan, tetapi jika terlalu kecil senar bisa dengan mudah putus saat mencoba menarik ikan satu ini saat terkena pancing.

Lure Untuk Memancing Ikan Tarpon

Setelah kamu mengetahui habitat ikan bulan-bulan, umpan dan rangkaian umpan terbaik, jika kamu ingin mencoba melakukan casting ikan tarpon menggunakan lure. Kamu bisa mencoba menggunakan beberapa pilihan lure yang kami sebutkan di bawah ini.

1. Hard Baits Lure

Hard Baits Lure
Hard Baits Lure

Pertama kamu bisa menggunakan hard baits lure yang berukuran 5 cm atau kurang dari 5 cm, untuk beberapa jenis hard baits yang dapat kamu pilih seperti Ofmer Wonder 50, River2Sea Bubble Popper, Abu Tormentor, Yozuri Altima Pins Minnow, Spoon – Tarponish, Storm Flutterstick atau merk lainnya dengan jenis Hard Baits Lure.

Untuk menggunakan jenis lure satu ini kamu harus memahami action dari setiap jenis lure yang kamu beli, karena berbeda merk biasanya memiliki action yang berbeda.

2. Soft Baits

Soft Baits Lure
Soft Baits Lure

Selain menggunakan hard baits kamu juga bisa memilih menggunakan soft baits, lure atua umpan mainan ini biasanya memiliki bentuk seperti ulat atau ikan-ikan kecil. Ini juga pilihan terbaik juga kamu ingin berburu ikan tarpon yang ukurannya kecil sampai sedang menggunakan umpan mainan satu ini.

Beberapa jenis soft baits yang dapat kamu pilih seperti Tiny curly grub, Elastico, Curlee grub dan Candy paddle tail, Worms, Bersaiz, Berkley Power Grub, Berkley Shad, Berkley Power Minnow Split Tail atau kamu bisa membeli lure merk lainnya yang termasuk jenis soft baits.

Jam Makan Ikan Tarpon/Bulan-Bulan

Ikan Tarpon atau Bulan-bulan biasanya aktif sejak subuh hingga jam 9 pagi atau di waktu matahari sudah bersinar terang. Sedang di sore hari mulai aktif kembali setelah matahari mulai redup hingga waktu maghrib. Keaktifan ikan ini dapat dilihat dari boiling di permukaan air.

Pada siang hari ikan tarpon atau bulan-bulan sering bersembunyi sehingga susah untuk didapatkan.

Itulah informasi yang lengkap tentang ikan tarpon secara karakteristik dan habitat aslinya, serta informasi khususnya untuk pemancing yang ingin mengetahui umpan dan lure terbaik untuk mincing ikan tarpon.

Leave a Comment