Umpan Ikan Patin Yang Susah dipancing Paling Ampuh

Apakah kamu memiliki hobi memancing ikan patin di alam liar ? Jika iya, mungkin ada yang belum tahu cara untuk membuat umpan ikan patin yang susah dipancing.

Tentu saja kali ini kita akan memberikan beberapa umpan ikan patin, yang ampuh untuk digunakan memancing ikan tersebut.

Umpan ikan patin alami

Umpan Ikan Patin Yang Susah dipancing alami
Umpan Ikan Patin Yang Susah dipancing

Umpan ikan patin yang susah dipancing yang alami terutama yang masih segar juga baik digunakan untuk memancing ikan patin. Kita bisa memilih salah satu umpan alami dibawah ini. Umpan ini bisa kita gunakan untuk memancing ikan patin di sungai, danau, waduk maupun kolam.

1. Cacing kalung

Umpan alami ikan patin yang pertama yaitu dengan menggunakan cacing kalung. Hampir semua jenis cacing tanah bisa kita gunakan untuk dijadikan umpan ikan patin baik ketika memancing di sungai, danau, rawa, maupun kolam.

Bahkan tidak hanya ikan patin yang menyukainya, ikan lain juga menyukai umpan cacing ini. Cacing kalung ini memiliki tekstur yang lebih keras dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan cacing merah.

2. Udang

Udang juga bisa kita gunakan untuk umpan mancing ikan patin. Bahkan bukan hanya memancing ikan patin saja , tetapi ikan lainnya juga bisa menggunakan umpan udang ini. Untuk mendapatkan udang ini, kita bisa mencarinya di pinggiran danau ataupun rawa-rawa.

3. Katak kecil

Katak kecil juga termasuk salah satu umpan alami yang digunakan untuk memancing ikan patin. Anakan katak/kodok tersebut sangat disukai oleh ikan patin. Terlebih lagi jika katak kecil tersebut dalam keadaan masih hidup.

4. Ikan kecil

Ikan patin merupakan predator ikan air tawar sehingga sangat menyukai ikan kecil. Agar bisa menggoda ikan patin, maka kita bisa menggunakan umpan ikan kecil dengan warna yang cerah. Misalnya dengan menggunakan ikan mas koki yang banyak dijual di toko ikan hias.

Umpan Ikan Patin Liar di Sungai atau Danau

Umpan Ikan Patin Yang Susah dipancing di sungai
Umpan Ikan patin liar di sungai atau danau

Bagi yang menyukai memancing ikan patin tentulah sangat mengasyikkan. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai tenaga yang cukup kuat sehingga akan terus melawan saat kail menancap pada mulutnya.

Bagi yang baru mulai memancing tentu akan kesulitan untuk menemukan umpan yang tepat. Sebenarnya untuk menemukan umpan tersebut tidaklah terlalu sulit. Dikarenakan ikan patin merupakan salah satu jenis ikan pemakan segala.

Untuk umpan ikan patin yang ada danau tentulah tidak jauh berbeda dengan umpan ikan patin di sungai. Karena pada dasarnya ikan patin yang berada di alam liar akan terbiasa dengan umpan alami. Berikut beberapa contoh umpan ikan patin sungai yang susah dipancing yang bisa kita gunakan.

1. Usus Ayam

Salah satu umpan ikan patin yang paling ampuh yaitu dengan menggunakan usus ayam. Cara menggunakan usus tersebut sangat mudah yaitu dengan merebus usus ayam tersebut sampai dengan minyaknya keluar. Usahakan kita merebus ususnya jangan terlalu lama.

2. Roti tawar

Umpan ampuh berikutnya yaitu dengan menggunakan roti tawar. Cara menggunakannya yaitu dengan membuang pinggiran roti tawar yang berwarna coklat kemudian kita kaitkan ke dalam kail. Agar ikan patin lebih tergoda maka kita bisa menambahkan essen durian.

3. Ulat daun

Ikan patin merupakan hewan omnivora atau pemakan segala. Jadi kita bisa menggunakan umpan ulat daun untuk memancing ikan patin tersebut. Ulat daun akan mengeluarkan bau amis sehingga menggoda ikan patin untuk segera menyambarnya.

Cara menggunakan ulat daun untuk umpan tersebut yaitu dengan mengaitkan satu ekor ulat daun ke dalam kail dan pencet bagian ujung ulat agar bau amisnya bisa keluar.

4. Belalang

Selain menggunakan ulat daun, kita juga bisa menggunakan umpan belalang untuk memancing ikan patin. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengaitkan beberapa ekor belalang pada kail lalu pencet sampai ususnya bisa keluar.

5. Serangga kecil

Selain itu kita juga bisa menggunakan serangga kecil seperti laron, jangkrik dan lain-lain untuk memancing ikan patin. Cara penggunaannya juga sama yaitu dengan mengaitkan serangga kecil tersebut pada kail.

Umpan Ikan Patin Pada Kolam Harian

Umpan Ikan Patin Yang Susah dipancing di kolam
Umpan ikan patin pada kolam harian

Pada dasarnya umpan ikan patin di kolam harian dengan alam liar tidak banyak jauh berbeda. Pada kolam harian hanya dibutuhkan racikan khusus agar lebih ampuh untuk digunakan. Kita bisa membuat racikan tersebut di rumah.

Untuk membuat racikan tersebut tentulah harus membutuhkan beberapa kali percobaan untuk menemukan umpan racikan yang pas.

Dibawah ini kami berikan beberapa racikan umpan ikan patin yang susah dipancing di kolam yang jitu dan ampuh untuk digunakan.

1. Racikan Umpan Ikan Patin Kolam yang Susah Makan

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

·         4 lembar roti tawar

·         1 bungkus fermipan (ragi)

·         2 helai daun serai

·         1 lembar keju kraft kecil

·         1 bungkus susu dancow saset

Cara membuatnya :

Cara membuat racikan tersebut sebenarnya cukup mudah. Kita tinggal rajang-rajang serai dalam potongan yang kecil-kecil kemudian masukkan potongan tersebut kedalam blender dengan bahan lainnya kecuali roti tawar dan fermipan.

Lalu masukkan adonan tersebut kedalam wadah plastik serta tambahkan fermipan, diamkan adonan selama 1 minggu. Apabila sudah 1 minggu maka kita bisa menambahkan roti tawar lalu aduk adonan tersebut sampai tercampur merata. Bentuklah adonan sesuai dengan yang dibutuhkan. Umpan siap untuk dipakai.

2. Racikan Umpan Ikan Patin Kolam Harian Susah Makan

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

·         Esen rasa pisang jawara

·         Satu buah butir kelapa yang sudah tua

·         Dua papan tempe yang masih baru

Cara membuatnya :

Ambil kelapa lalu kupas dan parut. Kemudian ambil santan kelapa tersebut. Setelah itu blender tempe sampai halus. Setelah itu ambil wadah plastik , kemudian campurkan bahan menjadi satu lalu aduk dengan merata.

Berikutnya yaitu dengan membiarkan adonan tersebut selama 3 hari lalu kita bisa menambahkan essen saat akan menggunakannya.

3. Resep Racikan Umpan Ikan Patin Jitu

Bahan yang dibutuhkan :

·         3 lembar roti tawar

·         5 sdm tepung kanji

·         2 butir telur ayam kampung rebus, kemudian kita ambil kuningnya saja

·         1 bungkus santan kara

·         2 sachet vanili

·         2 sdm minyak ikan scotts

·         Air secukupnya

Cara membuatnya ;

Masukkan semua bahan diatas menjadi satu kemudian aduklah sampai merata. Setelah itu tambahkan air secukupnya apabila adonan terlalu keras. Umpan siap digunakan untuk memancing ikan patin.

4. Umpan Ikan Patin Ampuh

Bahan yang digunakan :

·         3 butir bakso

·         Roti marie milk

·         1 gelas pelet

·         3 sdm madu

·         2 butir kuning telur rebus

·         Air secukupnya

Cara membuatnya :

Masukkan roti marie dan pelet kedalam wadah. Kemudian uleni adonan tersebut sampai rata. Setelah merata, maka kita bisa menambahkan bakso, madu serta kuning telur. Aduk kembali adonan tersebut. Apabila adonan yang kita buat kurang kenyal maka kita bisa menambahkan air sedikit. Umpan siap untuk digunakan.

Itulah beberapa umpan ikan patin yang susah dipancing. Semoga pengetahuan mengenai umpan ikan patin tersebut bisa membuat kita mendapatkan hasil yang memuaskan ketika memancing.

Leave a Comment