Tips Mancing Ikan Cakal Atau Giant Trevally ( GT )

Jika kamu hobi memancing ikan di laut maka kamu wajib membaca tips mancing Ikan Cakal Atau Giant Trevally ( GT ) yang ada dibawah ini.

Banyak orang Indonesia yang punya hobi memancing karena sumber dayanya mendukung. Yaitu melimpahnya berbagai jenis ikan tersebar di berbagai wilayah perairan di tanah air.  Indonesia memang dianugerahi kekayaan laut yang luar biasa termasuk keanekaragaman ikan yang sangat besar. Selain punya kekayaan melimpah lainya di sektor berbagai sektor seperti pertanian, sektor peternakan, pertambangan dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, selain untuk dikonsumsi dan untuk kuliner sehari hari karena dagingnya gurih. Ikan juga punya nilai ekonomi dan komersial tinggi. Sebut saja bagi masyarakat pesisir yang sebagian besar andalkan perikanan untuk penghidupanya sebagai nelayan.

Para nelayan di Indonesia tentunya mengandalkan ikan sebagai komoditas utama. Bahkan untuk skala nasional. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia yang menjual ikan ke berbagai penjuru dunia. Hal ini wajar mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan maritim terbesar di dunia.

Karena begitu akrabnya dengan budidaya perikanan. Orang Indonesia juga tentunya sangat mengenal berbagai jenis ikan. Termasuk ikan Cakal atau ikan Giant travelly yang mudah dijumpai di perairan tanah air. Mungkin untuk konsumsi ikan ini belum begitu familiar seperti jenis ikan lainya. Namun di kalangan penghobi mancing, ikan ini cukup terkenal.

Jenis ikan ini dianggap cukup menantang untuk dipancing karena cukup agresif dan ekstrim, ukuranya juga lebih besar.  Bagi pemula yang ingin mencoba memancing ikan cakal atau ikan giant travelly, mungkin agak repot dan tak biasa. Tapi bukan berarti tidak bisa. Simak tips berikut ini untuk mengetahui cara mancing ikan cakal.

Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly
Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Hobi mancing memang menyenangkan. Bisa mengisi waktu luang dan hilangkan penat. Makanya banyak sekali yang melakoni hobi ini hanya untuk bersenang senang. Hobi mancing juga cukup menantang. Apalagi kalau mancingnya di spot spot ekstrim misalnya langsung dilautan dimana berbagai jenis ikan ada termasuk ikan yang ganas. Seperti misalnya memancing ikan jenis cakal atau disebut juga ikan Giant Travelly.

Ikan satu ini termasuk ikan ganas dengan ukuran yang besar. Jadi, perlu teknik khusus untuk mendapatkanya. Termasuk mengetahui umpan dan karakter ikan ini. Ikan cakal atau ikan giant travelly sangat suka menyambar mangsa dari atas permukaan air. Anda bisa gunakan teknik mancing umpan atas dan teknik popping.

Bagi pemula mungkin perlu mengetahui berbagai hal sebelum memancing ikan cakal atau ikan giant travelly mengingat ikan satu ini ikan kelas berat, karena ganas dan ukuranya besar. Tapi bagi anda yang ingin mencobanya, artikel ini akan mengulas tentang tips mancing ikan cakal atau ikan giant travelly. Simak selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Ikan Cakal Atau Giant Travelly

Ikan Cakal Atau Giant Travelly
Ikan Cakal Atau Giant Travelly

Ikan Cakal atau biasa disebut ikan Giant Trevally adalah ikan yang hidup di laut ukuranya besar san termasuk ganas dan agresif. Ikan jenis cakal atau ikan giant travelly biasanya hidup dibawa laut di balik terumbu karang, termasuk jenis ikan agresif dalam mencari mangsa.

Makanan Utama Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Makanan Utama Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly
Makanan Utama Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Makanan utama Ikan Cakal atau ikan Giant Travelly adalah hewan hewan laut ukuran kecil. Seperti misalnya udang hidup, sotong, dan biota laut lainya.

Makanan utamanya adalah hewan hewan laut termasuk udang kecil atau hewan laut lainya. Ikan cakal atau ikan giant travelly ini suka menyambar dengan cepat mangsa.  Ikan ini biasanya muncul ke permukaan antara bulan maret hingga bulan april. Setelah itu lebih suka di bawah air. Bagi pemula mungkin akan sedikit repot mancing ikan satu ini. Tapi dengan mengetahui tipsnya semua jadi mudah.

bagi penghobi mancing, mendapatkan jenis ikan ini adalah hal menantang. Apakah anda tertarik? lalu bagaimana teknik memancing ikan ini?

Teknik Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Teknik Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly
Teknik Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Berikut ini teknik dan tips yang bisa dilakukan untuk memancing ikan cakal atau ikan giant travelly. Simak selengkapnya berikut ini.

Ikan Cakal atau ikan giant trevally adalah ikan laut yang suka menyambar mangsa diatas permukaan. Teknik mancing yang biasa digunakan untuk mendapatkan ikan ganas ini adalah teknik mancing umpan atas dan teknik mancing popping. Selain itu perhatikan juga beberapa hal lain agar bisa mendapatkan ikan cakal. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Perhatikan  Waktu Terbaik Memancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Ikan cakal atau ikan Giant Travelly biasanya gampang dijumpai pada bulan bulan Maret hingga bulan April. Jadi, inilah waktu terbaik untuk memancingnya. Meski demikian di bulan bulan lain bisa saja namun mungkin hasilnya kurang optimal.

2. Umpan Untuk Mancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk memancing ikan cakal atau giant travelly. Sekarang anda persiapkan langkah selanjutnya, seperti persiapan umpan. Ada beberapa umpan yang bisa digunakan. Diantaranya adalah umpan ikan belanak, sotong, udang hidup dan umpan dari hewan lainya. Anda juga bisa gunakan umpan jenis lainya yaitu umpan buatan. Pilihlah umpan yang di permukaan jika ingin peroleh hasil maksimal.

3. Cara Unik Jebak Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly

Ada cara unik untuk jebak ikan cakal atau ikan giant travelly. Caranya yaitu dengan gunakan kepingan kaset lama/CD, buat hingga kaset CD itu mirip ikan.

Saat dimasukan ke dalam air  kepingan CD ini bakal memunculkan kilauan, dan ikan cakal bakal atau ikan giant travelly melihat kilauan itu seperti mangsanya. Kemudian ikan cakal ini bakal segera menyambarnya dengan cepat.

Cara membuat jebakan dari CD ini. Adalah menyusunya seperti bentuk ikan. Lalu kemudian diberi lupang diatas dan bawah CD. Selanjutnya anda cuma tinggal pasang mata pancing di dua lubang tadi. Anda juga bisa tambahkan kili kili diantara lubang itu. Nah cara ini bisa dicoba. Jika berhasil maka tidak perlu gunakan umpan sungguhan.

4. Memancing Ikan Cakal atau Ikan Giant Travelly Ukuran Besar

Jika anda ingin dapatkan ikan cakal atau ikan giant travelly ukuran yang lebih besar. Anda bisa mendapatkanya dengan perhatikan dimana lokasi ikan itu berada. Ikan cakal atau giant travelly besar biasanya ada di antara terumbu karang, bersembunyi disana.

Nah itulah tadi informasi tentang tips mancing ikan cakal atau ikan giant travelly yang mungkin bisa anda praktekkan. Gunakan teknik mancing umpan atas dan teknik popping untuk menangkap ikan cakal. Perhatikan juga waktu terbaik memancing ikan ini yaitu antara bulan Maret hingga Bulan April. Jangan lupa beri umpan hidup karena merupakan favorit ikan cakal, seperti udang hidup.

Bisa juga gunakan cara unik seperti teknik jebakan dengan menggunakan CD atau kaset yang dibuat sedemikian rupa menyerupai umpan sehingga ikan cakal segera menyambar umpan palsu itu. Untuk mendapatkan ikan cakal atau ikan giant travelly berukuran besar, biasanya ada di balik terumbu karang. Mereka bersembunyi di sana.  Semoga informasi ini bermanfaat.

1 thought on “Tips Mancing Ikan Cakal Atau Giant Trevally ( GT )”

  1. Menurut salah satu sumber yg dapat dipercaya, waktu yang tepat untuk mancing GT itu dari bulan November hingga April, namun puncaknya di bulan 3 dan 4. Lantas, menurut saya tulisan ini lumayan, cuman ada beberapa hal yang mengganggu, seperti: Travelly seharusnya Trevally dan itu berulang terus di sepanjang tulisan. Saran saya kalau tidak biasa dengan penyebutan asingnya pakailah yang ke-Indonesiaan saja. Berikutnya yaitu penempatan tanda baca (.), (,) yang membuat jadi aneh bacanya, penggunaan kata depan ‘di’. Saya jadi malu kalau baca artikel orang Indonesia yang suka salah dalam penyusunan kalimat. Ini cuman masukan saja, karena berdasarkan pengalaman saat belajar bahasa asing dari guru saya orang Belanda dan kami harus belajar ulang bahasa Indonesia yang baik dan benar justru dari orang asing. Betapa memalukan!

    Reply

Leave a Comment