Teknik Memancing dan Umpan Ikan Kekel

Mungkin saja sebagian dari kita ada yang belum pernah melihat ikan kekel? Jika belum, dibawah ini akan saya tampilkan fotonya, cantik bukan??

Ikan Kekel
Teknik Memancing dan Umpan Ikan Kekel 5

Jika kamu tertarik untuk memancing ikan satu ini, maka kamu wajib membaca artikel di bawah ini sampai selesai ya guys!

Apa itu Ikan Kekel?

Apa Itu ikan kekel
Apa Itu ikan kekel

Ikan ini merupakan salah ikan yang asli dari Indonesia. Nama lain ikan kekel yaitu ikan nyoho atau ikan nyo’o.Tapi ada juga yang menyebutnya dengan ikan tempel watu. Karena ikan ini lebih sering menempet di batu-batuan sungai.

Dulu, ikan ini sering kita jumpai di sungai-sungai yang ada di Jawa Tengah dan Jogja. Namun saat ini ikan ini sulit kita dapatkan, hanya ada di sungai tertentu saja.

Hilangnya ikan ini dari sungai akibat dari para penangkap ikan yang menggunakan setrum dan racun ketika menagkap ikan. Dan dengan ukuran ikan kekel yang kecil, mengakibatkan ikan ini mudah mati ketika terkena setrum atau racun.

Suhu dan PH

Ikan ini termasuk ikan air tawar bentopelagis yang tumbuh optimum pada pH 6.0-7.0 serta suhu 18’C -22”C. Ikan ini juga hidup pada tipe habitat yang banyak terdapat batuan and cadas, kisaran kedalaman sedang-dalam, dan kecepatan arus cepat.

Habitat Asal

Di habitat aslinya ikan ini tinggal di sungai berarus cukup desar dan sungai yang deras. Oleh karena itu ikan ini berada pada bawah bebatuan. Selain digunakan sebagai tempat untuk penempelan, juga berfungsi untuk tempat persembunyian.

Selain itu hal tersebut juga sebagai upaya untuk bertahan dari dorongan arus yang kuat sehingga ikan menempelkan dirinya pada bagain dasar batu.

Ia menempelkan dirinya menggunakan organ tubuhnya yang dinamakan dengan thoracic adhesive apparatus. Organ tersebut memiliki bentuk lipatan kulit yang memanjang pada bagian dadanya atau berada diantara kedua sirip dada.

Perbedaan bentuk alat untuk menempel tersebut menurut para ahli yaitu sebagai pembeda antara spesies ikan ini yang satu dengan lainnya.

Sedangkan cadas selain bisa difungsikan sebagai tempat penempelan tetapi tidak berpotensi sebagai tempat untuk persembunyian karena merupkan sebuah hamparan yang luas.

Anakan ikan dan yang dewasa habitatnya menyebar ke seluruh sungai dan berkelompok berdasarkan ukuran tubuhnya.

Hal ini memunjukkan bahwa anakan ikan ini juga bisa bertahan hidup di lingkungan yang memiliki arus deras. Diduga ini merupakan adanya alat penempel yang ada pada ikan ini.

Karakteristik

Berdasarkan penelitian ikan ini memiliki empat pasang sungut dengan posisi subterminal, sirip lemak, sirip punggung, sirip ekor, sirip dubur, memiliki sepasang sirip perut dan sepasang sirip dada.

Warna ikan kekel yaitu coklat dan memiliki corak hitam dan merah. Ikan ini terlihat sangat cantik sehingga banyak di manfaatkan sebagai ikan hias di akuarium. Layaknya ikan lele yang memiliki kumis, hal ini juga terjadi pada ikan ini yang terdapat kumis.

Akan tetapi ukuran ikan hanya sebatas jari orang dewasa saja, tidak bisa tumbuh lebih besar. Sehingga dengan ukuran yng kecil ini mengakibatkan ikan ini mudah untuk ditangkap walaupun dengan tangan kosong sekalipun.

Ikan yang menempel hidup di bebatuan dan memakan lumut yang menempet dibatu-batu sama seperti ikan sapu-sapu. Maka tak jarang kita menjumpai ikan ini dibalik lumut yang tumbuh dibebatuan.

Ciri khas dari ikan ini yaitu memiliki Toraxic Adhessive Apparatus yang merupakan organ perakat yang berupa lipatan-lipatan kulit halus yang memanjang di bagian dada. Funsinya yaitu agar tubuh ikan bisa menempel pada bebatuan.

Selain itu organ perekat yang terdapat pada ikan juga juga menjadi ciri khas dan pembeda antar spesies.

Untuk reproduksi atau pemijahan ikan ini berbeda antara jenis ikan yang satu dengan yang lain. Biasanya pemijahan terjadi diantara bula maret-agustus.

Habitat dan Lokasi Ikan Kekel

Habitat dan Lokasi Ikan Kekel
Habitat dan Lokasi Ikan Kekel

Tempat hidup ikan kekel biasaya terdapat di sungai yang berbatu atau berpasir. Jadi jika kita menjumpai sungai yang bawahnya tidak berbatu dan berlumpur alias tidak berpasir maka sudah bisa dipastian disitu tidak ada ikan kekel.

Saat ini dua lokasi sungai yang ada di Jawa Tengah yang bisa ditemukan ikan kekel yaitu di sungai serayu (banjarnegara) dan sungai ringin yang ada disemarang.

Umpan Memancing Ikan Kekel

Umpan Memancing Ikan Kekel
Umpan Memancing Ikan Kekel

Kita bisa memancing ikan kekel dengan menggunakan cacing atau serangga kecil.

Rangkaian Umpan Memancing Ikan Kekel

Sebaiknya untuk joran dipilih ynag kecil saja , kira-kira panjangnya 1 meter. Gunakan joran fiber yang ujungnya paling lentur.Penggunaan senarnya juga yang paling keil atau tipis saja. Karena ikan kekel ini ukurannya kecil-kecil.

Lure

Karena ikannya berukuran kecil, maka kita bisa mencoba menggunakan lure minnow yang kecil.

Itulah penjelasan singkat mengenai ikan kekel. Semoga bermanfaat untuk kamu yang tertarik untuk memancing ikan kekel di sungai.

Leave a Comment