Spot, Umpan dan Cara Mancing Ikan Bekukon Paling Jitu

Panasaran gimana sih Mancing Ikan Bekukon yang jitu, apa umpan yang digunakan dan dimana spot memancing ikan satu ini paling banyak? Untuk mengetahui jawabannya simak yuk artikel kami kali ini.

Ikan adalah salah satu hewan paling banyak di dunia dan digemari lantaran dagingnya gurih. Tentu saja, ikan punya nilai ekonomis dan komersial tinggi. Indonesia sebagai negara maritim atau dikelilingi perairan. Sangat kaya akan keanekaragaman di perairan termasuk berbagai jenis ikan.

Di berbagai wilayah di tanah air banyak yang menggantungkan hidup dari hasil laut seperti nelayan yang menangkap ikan. Kekayaan ini sudah seharusnya dilestarikan.

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada di Indonesia. salah satunya adalah jenis ikan bekukan atau yang biasa disebut dengan ikan kapuran. Ikan jenis ini banyak ditemui di kawasan perairan laut di Indonesia.

Juga tersebar di berbagai wilayah utamanya yang memiliki muara muara sungai. Sebab meski habitat aslinya ada di laut namun ikan bekukon atau ikan kapuran ini juga bisa beradaptasi di perairan air tawar seperti muara sungai, bahkan di kondisi air keruh sekalipun ikan ini hidup dengan baik.

Ikan Bekukon Bagi Para Pemancing

Ikan Bekukon Bagi Para Pemancing
Ikan Bekukon Bagi Para Pemancing

Selain untuk kegiatan ekonomi. Ikan ikan di tanah air juga ikut menciptakan minat tinggi bagi pemancing. Tentunya anda juga paham bahwa banyak sekali orang indonesia hobi mancing. Hal ini wajar mengingat sumber daya melimpah, kaya berbagai jenis ikan, termasuk salah satunya ikan bekukon atau ikan kapuran.

Tapi mungkin bagi pemula belum semua mengetahui jenis ikan bekukon ini. Namun diantara penghobi mancing senior sudah sangat berpengalaman memancing ikan yang habitatnya di laut ini.

Pada umumnya teknik memancing ikan harus menyesuaikan berbagai hal. Termasuk menggunakan alat pancing tepat, menggunakan umpan tepat,dan memilih spot yang tepat. Pemancing juga harus mengetahui pola pola kehidupan ikan yang akan jadi sasaran.

Misalnya, mempelajari jenisnya, apakah ikan tawar atau ikan laut. Juga mempelajari kapan biasanya waktu waktu ikan keluar mencari makan. Karena itulah waktu terbaik untuk menaruh umpan sehingga disambar.

Begitu juga dalam teknik memancing ikan kapuran. Butuh teknik teknik memancingnya seperti halnya memancing ikan jenis lain.

Artikel kali ini akan membahas ikan bekukon atau biasa disebut dengan ikan kapuran. Pada ulasan ini juga akan dibahas tentang teknik memancing ikan bekukon. Simak selengkapnya berikut ini.

Tentang Karakteristik Ikan Bekukon

Karakteristik Ikan Bekukon
Karakteristik Ikan Bekukon

Mungkin nama ikan ini masih asing bagi sebagian orang. Ikan bekukan atau biasa disebut ikan kapuran adalah salah satu jenis ikan laut. Meski habitat aslinya di laut namun ikan ini juga sering dijumpai di muara muara. Ikan bekukon punya nama berbeda beda setiap di setiap daerah.

Bentuk Fisik dan Kehidupan Ikan Bekukon atau Ikan Kapuran

Berikut ini dijelaskan jenis fisik ikan bekukon atau ikan kapuran.

  • Warna Ikan Bekukon

Ikan bekukon atau ikan kapuran punya warna putih keperakan di tubuhnya. Tapi ada juga ikan bekukon yang warnanya agak kehitam hitaman.

  • Sirip Ikan Bekukon

Ikan bekukon atau ikan Kapuran punya sidip atas dan punya duri duri tajam di area punggung.

  • Ikan Bekukon Ikan Nokturnal

Ikan Bekukon atau Ikan Kapuran adalah jenis ikan yang aktif di malam hari mencari makan atau nokturnal. Makanya para pemancing ikan bekukon ini umumnya memancing ikan ini pada malam hari.

Ikan bekukon atau ikan kapuran ini mungkin agak berbeda dibandingkan dengan kebanyakan muara sungai yang bersisik. Jika ikan lain biasanya suka air yang jernih untuk menyambar umpan. Maka Ikan Bekukon malah sebaliknya, lebih menyukai umpan di air keruh.

Saat air muara sungai keruh. Ikan kapuran ini lebih aktif cari makan baik di malam hari maupun di siang hari. Tapi bukan berarti saat air jernih ikan ini tidak bisa dipancing. Ikan Kapuran tetap bisa dipancing di air jernih, hanya saja butuh teknik teknik khusus.

Selain di sungai muara dan di perairan keruh. Ikan kapuran ini juga bisa dipancing di pantai dengan menggunakan teknik surf fishing atau teknik pasiran.

Umpan Mancing Ikan Bekukon atau Ikan Kapuran

Umpan Mancing Ikan Bekukon atau Ikan Kapuran
Umpan Mancing Ikan Bekukon atau Ikan Kapuran

Sekarang setelah mengetahui fisik ikan bekukon dan habitatnya, tinggal mempersiapkan pancing dan umpan untuk mendapatkan ikan bekukon ini. Untuk umpan yang bisa digunakan untuk mancing ikan bekukon, biasanya para pemancing menggunakan beberapa jenis umpan.

Seperti misalnya umpan yutuk, udang kupas atau udang hidup, umpan cacing. Namun biasanya yang banyak digunakan adalah umpan dari udang hidup. Ikan bekukon sangat menyukai umpan udang hidup.

Umpan ini sangat efektif dan ampuh untuk menangkap ikan bekukon. Selain itu dengan umpan udang ini biasanya ikan jenis lain seperti ikan mangrove jack atay ikan kakap suka menyambar umpan udang hidup.

Spot Mancing Ikan Bekukon Atau ikan Kapuran

Spot Mancing Ikan Bekukon Atau ikan Kapuran
Spot Mancing Ikan Bekukon Atau ikan Kapuran

Seperti disebutkan diatas, bahwa habitat asli ikan bekukon atau ikan kapuran yaitu lautan. Tapi ikan satu ini juga biasa beradaptasi dan ditemukan di muara muara sungai yang bahkan airnya keruh tidak jernih.

Jadi untuk memancing ikan bekukon ini anda bisa memancingnya di lautan atau di muara muara sungai, hampir seluruh wilayah di tanah air terdapat muara muara sungai.

Alat Pancing Ikan Bekukon

Alat Pancing Ikan Bekukon
Alat Pancing Ikan Bekukon

Untuk alat pancing yang digunakan tentu saja tergantung si pemancing karena tidak ada standar baku. Hanya saja kualitas memang memengaruhi. Makin bagus kualitas alat pancing, makin baik. Asalkan kuat dan nyaman maka alat pancing ini layak digunakan untuk memancing jenis ikan bekukon.

Untuk memancing ikan ini, anda bisa gunakan senar jenis monoline. Usahakan yang ukuranya di atas 0.30 mm. Senar ini digunakan jika anda memancing ikan bekukon atau kapuran pada spot perairan berbatu dan berkarang. Seperti misalnya di sungai, di muara sungai atau pemecah ombak.

Tapi kalau anda akan memancing ikan bekukon atau ikan kapuran di lautan atau perairan berpasir. Maka anda menggunakan senar yang ukuran diameternya 0.25 mm. Senar ukuran ini sudah cikup kuat untuk menarik dan mengangkat ikan bekukon ata ikan kapuran.

Mata Kail

Untuk mata kail yang digunakan untuk memancing ikan bekukon atau ikan kapuran, sebaiknya gunakan ukuran diatas nomor lima. Ini agar mata kail atau hook bisa lebih gampang menancap kuat dan tepat pada mulut ikan bekukan atau ikan kapuran dan tidak gampang lepas.

Nah itulah tadi informasi tentang ikan bekukon atau biasa disebut ikan kapuran. Untuk mendapatkan ikan jenis ini anda bisa memancingnya di habitat aslinya yaitu di laut. Bisa juga memancingnya di muara muara sungai air keruh karena ikan jenis ini biasanya juga ditemukan di muara sungai, selain di habitat aslinya.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya memancingnya pada malam hari jika memungkinkan. Karena ikan kapuran ini nokturnal aliaa aktif cari makan di malam hari. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga bisa mancingnya di siang hari. Gunakan senar dan kail yang tepat, yang kuat agar bisa menarik ikan tanpa lepas.  Semoga tips ini bermanfaat.

Leave a Comment