Habitat, Umpan dan Cara Mancing Ikan Gabus Laut

Ingin mancing Ikan Gabus Laut? Mungkin kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai jika ingin mengetahui habitat atau lokasi, umpan dan lure untuk mendapatkan ikan gabus yang banyak.

Ikan Gabus laut dibandingkan dengan jenis ikan lainnya memang jarang terdengar. Namun saat ini ikan gabus laut sudah menjadi primadona karena memiliki nilai ekonomis tinggi.

Apa Itu Ikan Gabus Laut ?

Ikan Gabus Laut
Ikan Gabus Laut

Ikan Gabus Laut atau yang dikenal dengan Cobia merupakan salah satu jenis ikan dengan protein yang berpotensi tinggi secara ekonomi serta banyak dibudidayakan di berbagai dunia, salah satunya di Indonesia.

Ikan gabus laut ini termasuk spesies carangiform laut ikan. Satu-satunya wakil dari genus Rachycentron serta keluarga Rachycentridae.

Dulunya, ikan gabus laut bernama Gasterosteus canadus yang kemudian oleh Carolus Linnaeus diubah pada tahun 1766 menjadi Rachycentron candum.

Dalam bahasa Inggris, ikan Gabus Laut ini memiliki banyak sekali nama diantaranya adalah black salmon, black kingfish, crabeater, cabio, kingfish, cubby yew, ling, sergeant fish, dan lemonfish.

Jika di Malaysia, ikan gabus laut dikenal dengan sebutan jaman, gabus laut, dan aruan tasek. Kemudian di Spanyol bernama bajalao, Pejepalo, Cobie atau bonito.

Ikan gabus laut mempunyai sifat kanibalisme sehingga apabila mengalami kekurangan makanan atau kelaparan ia akan saling memakan.

Ikan yang dikenal dengan sebutan salmon hitam ini juga banyak disukai karena memiliki tekstur yang lembut dan enak, selain itu pertumbuhan ikan ini juga sangat cepat sehingga lebih menguntungkan sebagai ikan budidaya.

Ikan gabus laut ini juga bisa tumbuh sampai dan 2 meter dengan berat sekitar 70 kilogram.

Salah satu negara yang membudidayakan ikan gabus laut secara besar-besaran yaitu China. Negara ini bisa menghasilkan ikan gabus laut terbanyak di dunia.

Kemudian negara yang memiliki konsumsi ikan gabus laut paling banyak yaitu Jepang yang juga dikenal dalam impor ikan gabus laut.

Memang ikan gabus laut memiliki laju pertumbuhan yang cepat sehingga menjadi salah satu ikan laut yang diproduksi akuakultur pada masa depan.

Habitat Ikan Gabus Laut

Habitat Ikan Gabus Laut
Habitat Ikan Gabus Laut

Kita dapat menemukan ikan gabus laut di hampir seluruh perairan tropis, subtropis serta perairan hangat lainnya. Kecuali di daerah bagian pasifik bagian tengah dan timur.

Di Atlantik, ikan yang termasuk kedalam jenis ikan pelagis ini tersebar dari mulai Argentina Selatan, Canada, dan Laut Karibia.

Selain itu Ikan gabus laut ini juga banyak ditemukan di perairan hangat yang ada di pesisir Amerika dari mulai teluk Chesapeake bagian selatan sampai Teluk Meksiko.

Ketika musim dingin dan musim gugur, ikan ini bermigrasi dari selatan menuju ke daerah yang lebih hangat. Ikan ini juga menyukai perairan yang relatif hangat dengan suhu 68֯-86֯ F atau 20 C- 30 C.

Ikan gabus laut ini juga bisa kita temukan pada daerah yang memiliki terumbu karang yang baik bahkan bangkai kapal karam pun sering dijadikan rumah bagi mereka.

Jika musim panas tiba, ikan ini akan bermigrasi dari Maroko hingga ke bagian Afrika Selatan dan ke laut Indo Pasifik di bagian barat berasal dari laut Afrika Timur dan Jepang menuju ke arah laut Australia.

Di Indonesia sendiri, ikan gabus laut banyak dikembangkan di Keramba Jaring Apung ( KLA ). Meskipun belum banyak dikembangkan, ikan ini dilirik sebagai salah satu ikan budidaya dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Ikan gabus laut ini juga merupakan ikan pelagik yang terdapat dilaut dalam dengan suhu tropis, kecuali di laut timur. Ikan gabus laut hidupnya tidak berkelompok, oleh sebab itu bagi para pemancing tidak menargetkan jenis ikan ini. Hanya saja kalau tertangkap merupakan suatu kebetulan saja.

Ikan Gabus laut juga sudah dikembangkan dalam Keramba Jaring Apung (KJA). Meskipun jumlah yang dikembangkan masih sedikit namun sudah mulai dilirik sebagai ikan budidaya dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Para pemilik keramba meyakini, bahwa dengan dibudidayakannya ikan gabus laut akan menambah income mereka, apalagi dikembangkan dengan didampingi oleh Balai Budidaya Laut Provinsi Lampung dan lingkungan Universitas Lampung.

Selain iu juga bisa tumbuh dengan waktu yang relatif cepat dibandingkan dengan lainnya serta tahan terhadap penyakit.

Saat ini pengembangan ikan gabus laut juga dilakukan dalam skala rumah tangga. Nantinya pengembangan dalam skala kecil ini bisa terjadi yang dimulai dari pemijahan hingga menghasilkan larva.

Untuk selanjutnya ikan gabus laut ini siap menjadi ikan konsumsi.

Morfologi Ikan Gabus Laut

Morfologi Ikan Gabus Laut
Morfologi Ikan Gabus Laut

Ikan gabus laut ini termasuk jenis ikan pelagis, yang berwarna hitam serta terdapat dua garis putih yang terdapat pada bagian sisi tubuhnya.

Ditempat yang terang, warna tubuh ikan gabus laut yaitu keabu-abuan, memiliki tubuh silindris dengan bentuk kepala yang lebar dan pendek.

Pada bagian sirip dorsal ikan ini punya 7 spina sampai 9 spina dan tidak tersusun oleh membrane bagian sirip dorsalnya. Kemudian sirip dorsal yang kedua memanjang. Sirip pectoral dari ikan gabus terlihat tajam.

Di Bagian sirip anak ikan ini mirip dengan yang ada di sirip dorsal tetapi ukurannya lebih pendek. Bentuk sisiknya kecil serat tertanam pada kulit yang tebal.

Bagian linea lateralisnya bergelombang hingga ke anterior. Ikan gabus laut yang liar juga terkenal dengan kemampuannya dalam bertarung.

Jenis ikan ini juga termasuk ekonomis karena bisa tumbuh dengan cepat dengan bobotnya yang tinggi. Oleh sebab itu, ikan gabus laut juga sudah mulai banyak dikembangkan untuk digunakan sebagai ikan konsumsi.

Umpan Mancing Ikan Gabus Laut

Umpan Mancing Ikan Gabus Laut
Umpan Mancing Ikan Gabus Laut

Dalam memancing ikan gabus laut ini tidak sulit untuk memilih umpan karena tidak terlalu pemilih umpan. Namun di kalangan pemancing, terdapat beberapa jenis umpan yang diyakini bisa mendapatkan ikan gabus laut.

Umpan yang hidup biasanya dijadikan pilihan bagi pemancing. Dikarenakan ikan gabus laut ini termasuk kedalam ikan pelagik maka dengan menggunakan teknik drifting merupakan teknik yang ampuh untuk memancing ikan ini.

Sotong juga salah satu umpan untuk memancing ikan gabus laut. Selain ikan dan sotong, kepiting kecil juga menjadi alternatif umpan mancing.

Apabila menggunakan kepiting, sebaiknya buanglah cangkang bagian atas kepiting lalu baru bisa digunakan untuk umpan.

Rangkaian Umpan Mancing Ikan Gabus Laut

Rangkaian Umpan Mancing Ikan Gabus Laut
Rangkaian Umpan Mancing Ikan Gabus Laut

Spesies ikan ini juga sangat agresif dan mampu memberikan tantangan yang hebat. Ikan ini juga sering disebut juga dengan ikan “game “ karena sering digunakan untuk olahraga memancing.

Jadi apabila ingin memancing jenis ikan ini maka gunakanlah set pancing dengan medium heavy agar bisa memenangkan pertarungan. Hal ini dikarenakan ikan gabus laut akan berenang dengan cepat dan mencoba untuk memutuskan tali pancing pada struktur batu atau karang.

Ikan gabus laut akan menjadi lawan yang hebat ketika dipancing. Oleh karena itu disarankan ketika memancing menggunakan pancingan jenis fluorocarbon yang memiliki kekuatan 50lbdengan panjang sekitar 6 kaki.

Lure

Umpan tiruan juga bisa digunakan untuk memancing ikan gabus laut, diantaranya minnow,vibration, metal jig, spoon dan soft lure. Dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan peralatan yang sesuai agar bisa menghasilkan ikan sesuai yang diharapkan.

Demikian ulasan mengenai ikan gabus laut. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin lebih memahami karakter Ikan Gabus laut dari habitat, morfologi, umpan dan rangkaian umpan lure mancing Ikan Gabus Laut.

Leave a Comment