Habitat, Lokasi dan Cara Mancing Ikan Mahi-Mahi

Ikan Mahi-Mahi – Ingin mancing dengan sensasi mendebarkan sekaligus mengagumkan sambil menikmati akrobatik berupa loncatan-loncatan indah dari seekor ikan? Ya benar sekali bahwa hal itu terjadi saat kita mancing ikan mahi-mahi.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai habitat, lokasi dan cara mancing ikan mahi-mahi, mak bisa simak penjelasan dibawah ini.

Ikan Mahi-Mahi Adalah

Ikan Mahi-Mahi
Ikan Mahi-Mahi

Ikan mahi-mahi atau yang lebih dikenal dengan ikan lemadang yaitu ikan yang banyak hidup di perairan dangkal. Selain itu ikan ini juga bisa ditemukan di lepas pantai serta berenang di bawah benda yang mengapung, misalnya perahu atau kapal-kapal besar.

Ikan lemadang memiliki panjang rata-rata 100 cm( 1 meter ), namun juga bisa tumbuh lagi sampai 210 cm ( 2,1 meter ).

Berat ikan mahi-mahi memiliki bobot maksimum 40 kilogram serta hidupnya bisa mencapai usia 4 tahun. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu berwarna hijau keemasan cerah dengan warna kuning putih pada bagian perut bawah.

Ikan ini banyak diburu agar bisa diambil dagingnya. Daging ikan mahi-mahi berwarna putih , agak terasa manis dan lezat. Jika ingin memasak daging ikan ini maka bisa dipanggang, digoreng maupun dijadikan kari atau bisa juga dimakan mentah seperti sashimi.

Walaupun begitu, manusia bisa saja keracunan ikan ini. Hal itu dikarenakan adanya pemicu dari bioakumulasi ciguatoksin yang diproduksi oleh dinoflagellata laut yang hidupnya menempel pada alga.

Kemudian akan dimakan oleh herbivora. Dikarenakan ikan mahi-mahi termasuk kedalam hewan karnivora maka ikan ini juga mempunyai kadar ciguatoksin yang tinggi.

Ikan mahi-mahi mempunyai masa hidup yang pendek, diperkirakan hanya sekitar 4 tahun saja. Jadi ikan ini memiliki kematangan seksual yang lebih cepat. Yaitu pada usia 4-5 bulan pada habitat aslinya. Kemudian akan dilakukan pemijahan selama beberapa kali dalam setahun.

Larva ikan mahi-mahi akan menetas dengan panjang 4 mm. Lalu dalam waktu empat hari menjadi 5,7 mm. Kemudian saat memasuki usia 15 hari, panjangnya mencapai 15 mm. Pada usia ini mata dan mulutnya sudah berkembang.

Umpan ikan mahi-mahi berupa ikan kecil, cumi-cumi dan crustacea. Saat ikan masih kecil biasanya akan berenang bersama dengan kawannya. Kemudian saat ikan sudah dewasa maka akan berenang sendiri atau bersama pasangannya.

Perlu kita tahu bahwa ikan mahi-mahi ini termasuk salah satu ikan akrobatik. Ikan ini juga sering muncul dengan loncatan tinggi diatas perairan.

Aksi inilah yang seringkali ditunggu oleh para pemancing. Padahal biasanya aksi dari ikan mahi-mahi tersebut merupakan upaya melepaskan diri dari pancing yang menancap di mulutnya.

Ikan ini apabila terpancing akan terlihat marah dengan cara memberontak dan melakukan loncatan-loncatan atraktif.

Habitat Ikan Mahi-Mahi

Habitat Ikan Mahi-Mahi
Habitat Ikan Mahi-Mahi

Ikan Mahi-Mahi banyak hidup di perairan dangkal yang ada di kawasan tropis dan subtropis. Biasanya ikan ini bisa ditemui di dekat pantai dengan kedalaman 0-85 meter.

Ikan ini juga hidup di perairan dengan rata-rata suhu 28֯ C / 83֯ F.Kita bisa temukan larva ikan mahi-mahi sepanjang tahun dengan jumlah yang besar. Biasanya itu terjadi pada musim semi dan musim gugur.

Ikan mahi-mahi ini juga bisa ditemukan pantai barat amerika utara dan selatan, di laut Karibia, Teluk Meksiko, pantai pasifik kosta rika, Afrika Barat, PAntai Atlantik Florida, Asia Tenggara, Hawai, Laut Cina Selatan dan banyak lagi di daerah yang lain.

Di Indonesia, Ikan mahi-mahi juga bisa ditemukan di wilayah perairan bagian utara Jawa, Maluku, perairan Sulawesi dan bagian selatan jawa.

Lokasi Dapat Ditemui

Lokasi Dapat Ditemui
Lokasi Dapat Ditemui

Untuk spot memancing ikan mahi-mahi di Indonesia bisa kita jumpai mulai dari ujung timur sampai ujung barat lautan Indonesia. Mulai dari perairan Papua, Sulawesi bali, Jawa sampai perairan yang ada di Sumatera.

Jika ingin memancing ikan ini harus dilakukan di lepas pantai. Sangat mustahil dan sulit dilakukan hanya dari tepi pantai. Jadi jangan berharap mendapatkan ikan mahi-mahi jika mancing pasiran atau surf fishing.

Kemudian untuk musim ikan mahi-mahi ini terjadi pada bulan september sampai dengan desember, awal dari musim hujan.

Selain di bulan-bulan tersebut, kita juga masih menjumpai ikan mahi-mahi walaupun tidak sebanyak di bulan september sampai desember.

Umpan

Umpan Ikan Mahi-Mahi
Umpan Ikan Mahi-Mahi

Untuk memancing ikan mahi-mahi bisa menggunakan umpan alami yang berasal dari ikan kecil, ikan tongkol, ikan belanak ataupun lainnya.

Selain menggunakan ikan alami juga bisa menggunakan umpan buatan.

Rangkaian Umpan

Rangkaian Umpan Ikan Mahi-Mahi
Rangkaian Umpan Ikan Mahi-Mahi

Ikan mahi-mahi bisa dipancing dengan menggunakan teknik ngoncer. Teknik ini akan menggunakan umpan yang masih hidup saat memancing. Biasanya umpan yang diberikan berupa ikan tongkol, ikan belanak serta umpan ikan kecil lainnya.

Selain menggunakan teknik ngoncer, mancing ikan mahi-mahi juga efektif menggunakan teknik trolling. Teknik trolling merupakan menarik umpan dengan menggunakan kapal yang berjalan namun dengan kecepatan rendah.

Apabila ingin menggunakan teknik trolling maka bisa menggunakan umpan ikan yang sudah mati, ikan yang dipotong-potong atau dibelah.

Biasanya para angler akan penasaran dan ingin membuktikan sendiri apakah ikan mahi-mahi ini dapat menari atau melakukan akrobatik.

Pada saat ikan mahi-mahi terkena kail pancing maka ikan ini akan melakukan loncatan ke atas membuat gerakan-gerakan seperti menari. Gerakan yang menarik itulah membuat para angler menjadikan ikan mahi-mahi ini sebagai target memancing.

Lure

Lure minnow Ikan Mahi-Mahi
Lure minnow Ikan Mahi-Mahi

Umpan tiruan atau lure juga bisa digunakan untuk memancing ikan mahi-mahi. Lure yang bisa digunakan misalnya minnow, soft lure yang berukuran besar atau spinner yang ditarik dengan menggunakan kapal sehingga akan menarik perhatian ikan mahi-mahi.

Minnow merupakan umpan buatan / lure yang biasanya terbuat dari kayu maupun plastik. Bentuk umpan ini mirip dengan ikan.

Pada bagian mulutnya dibuat semacam lidah yang menjulur dan dibuat dengan menggunakan plat besi serta disebut juga dengan lips atau bibir.

Untuk aksi umpan minnow ini tergantung dari bibirnya dan biasanya akan menyelam dengan melakukan gerakan meliuk liuk seperti ikan. Kemudian untuk penempatan kail biasanya di perut serta ekor dengan menggunakan kail treble.

Biasanya umpan ini dilakukan ketika menggunakan teknik trolling yang dilakukan pada ikan mahi-mahi.

Umpan ini terbuat dari bahan silikon atau karet. Bentuknya juga bermacam-macam seperti udang, cumi, ikan dan lain-lain.

Umpan ini disebut spinner dikarenakan dibuat dengan bagian utama agar membuat daya tarik saat memancing. Spinner dibuat dengan menggunakan bahan logam atau bisa juga dengan bahan lain yang berputar (spin).

Desain bagian utama spinner berupa mata kail yang dipasangi blade/spoon dan bulu-bulu. Kemudian putaran yang terbuat dari logam tersebut akan menimbulkan bunyi dengung sehingga membuat target ikan menjadi tertarik.

Selain itu juga bisa membuat umpan handmade atau umpan buatan sendiri. Umpan buatan yang sering digunakan untuk memancing ikan mahi-mahi ini terbuat dari timah pemberat serta mata kail yang diberi treble hook.

Demikian ulasan mengenai ikan mahi-mahi. Semoga ulasan ini bisa memberi manfaat khususnya bagi mancing mania yang akan melakukan target mancing ikan mahi-mahi.

Leave a Comment