Cara Mancing Ikan Kapasan di Laut dan Muara

Jika kamu sering mancing di laut pastinya tidak asing dengan ikan kapasan, atau dikenal juga dengan sebutan ikan kapas-kapas atau ikan kapas. Tapi, bagaimana sih cara memancing ikan kapasan? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ikan kapasan berdasarkan klasifikasi, habitat, umpan dan cara memancing ikan satu ini.

Ikan kapas-kapas sebenarnya adalah target sampingan ketika kita memancing ikan bojor. Ikan bojor lebih ditargetkan karena memiliki rasa yang enak jika dimakan.

Apa itu Ikan Kapasan?

Ikan Kapasan
Ikan Kapasan

Ikan Kapasan, seperti yang telah kami jelaskan pada kata pembuka sering dikenal dengan nama lain ikan kapas atau ikan kapas-kapas ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang sering ditangkap atau dipancing untuk dikonsumsi.

Karakteristik Ikan Kapasan

Karakteristik Ikan Kapasan
Karakteristik Ikan Kapasan

Ikan ini memiliki karaktristik bentuk dan warna yang cantik, dan dalam nama ilmiah bernama Geres Punctatus. Ikan kapasan ini juga sebenarnya bukan merupakan tangkapan favorit untuk pemancing di laut karena hanya memiliki ukuran tubuh yang kecil, ukuran paling umum yang didapatkan oleh pemancing sekitar 3 sampai 4 jari.

Untuk bentuk badan berbentuk tegak pipih dengan bentuk kepala yang melengkung, untuk mulut letaknya pada ujung depan kepala, pada bagian moncong ikan bisa ditonjolkan ke bagian depan, sisik pada tubuhnya berukuran cukup besar, siri pada bagian dada berbentuk runcing dan panjang dan umumnya ikan ini memiliki warna tubuh yang keperakan.

Lokasi Ikan Kapasan

Untuk kamu yang hobi memancing di laut untuk mendaptakan ikan ini tentunya tidak di semua laut memiliki banyak ikan Kapasan. Sehingga kamu harus memahami dimana tempat tinggal atau habitat yang paling sering menjadi tempat berkumpul ikan ini.

Jadi, jika kamu ingin mencari lokasi ikan kapasan di laut dekat tempat tinggal kamu. Mungkin kamu bisa mencoba memancing ikan kapasan ini di daerah muara sungai. Karena ikan ini juga sering beraktivitas di muara sungai untuk mencari makan.

Umpan Ikan Kapasan

Untuk kamu yang ingin mencoba memancing ikan kapas kapas di laut atau di muara sungai, kamu harus mempersiapkan umpan yang paling disukai oleh ikan bertubuh mungil satu ini.

Kamu bisa mencoba memancing menggunakan umpan seperti udang kecil yang masih segar, cacing lure, cumi-cumi yang dicincang kecil-kecil atau kamu juga bisa menggunakan undur undur yang disarankan banyak pemancing agar cepat mendapatkan ikan kapas saat memancing di laut.

Karena mulut ikan ini berukuran kecil, pastikan kamu menggunakan umpan yang berukuran kecil dan tidak terlalu besar.

Teknik Memancing Ikan Kapasan

Memancing Ikan Kapasan
Memancing Ikan Kapasan

Jika kamu saat memancing di laut ingin mencoba mendapatkan ikan kapas-kapas, kamu bisa mencoba menggunakan teknik memancing ikan kapas-kapas ini dengan menggunakan leader tenteng berukuran panjang dengan 3 mata kail, usahakan dalam merangkai umpan, umpan tersebut dapat melayang-layang sehingga umpan tersebut tidak hanya berada di dasar air.

Untuk pemilihan mata kail, kamu bisa gunakan nomor 2 atau nomor 1, hal ini dipilih karena ikan kapas-kapas adalah ikan yang memiliki mulut berukuran kecil.

Atau jika kamu ingin memancing ikan kapas di daerah muara, kamu bisa juga menggunakan joran tegek sehingga sensasi mancing lebih terasa.

Leave a Comment