9 Umpan Casting Terbaik Yang Wajib Diketahui

Umpan Casting – Bagi yang mempunyai hobi memancing pasti tahu bahwa umpan pancing sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil tangkapan.

Rekomendasi Umpan Casting Terbaik

Berikut kami rekomendasikan umpan casting terbaik yang bisa dipergunakan. Ada 3 karakter lure / umpan buatan :

1. Umpan Permukaan Air ( Top water lure )

Umpan Casting Permukaan Air ( Top water lure )
Umpan Permukaan Air ( Top water lure )

Kita harus tahu terlebih dahulu jenis lure untuk casting di permukaan air atau umpan casting yang bisa mengapung di permukaan. Lure ini dibuat khusus untuk menargetkan ikan predator yang biasanya memangsa ikan-ikan kecil yang berada di permukaan air.

Untuk action dari umpan permukaan air ini juga bervariasi mulai dari splashing, WTD (walk the dog ), zig zag dan lain-lain.

2. Subsurface Lure (Dibawah permukaan air )

Subsurface Lure (Umpan Casting Dibawah permukaan air )
Subsurface Lure (Dibawah permukaan air )

Lure jenis ini memiliki action sedikit dibawah permukaan air. Ciri-ciri dari lure ini yaitu memiliki lidah yang pendek yang berada di lure tersebut. Contohnya yaitu lure floating.

3. Diving Lure ( Tipe umpan menyelam )

Diving Lure ( Tipe umpan casting menyelam )
Diving Lure ( Tipe umpan menyelam )

Lure ini memiliki karakter yang menyelam lebih dalam karena memiliki lidah yang panjang dan lebar dibandingkan dengan tipe lure subsurface. Makin panjang atau lebar lidah lure maka makin dalam lure menyelam. Untuk kedalamannya bisa mencapai 2,5 meter – 6 meter.

Apabila kita sudah memahami berbagai karakter lure diatas maka, maka kita menjadi lebih mudah untuk memilah sesuai dengan kebutuhan serta target dari ikan yang akan dipancing.

Jenis-Jenis Umpan Casting Lure

Dibawah ini merupakan jenis umpan casting lure yang banyak dijual dipasaran :

1. Popper

Popper
Popper

Jenis umpan casting lure ini memiliki ruang hampa yang ada di dalamnya sehingga bisa berjalan dipermukaan air. Teknik untuk bisa menggunakan lure ini yaitu slow retrieve yang diiringi dengan twiching sehingga akan mengakibatkan action.

Popper juga terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah chugger, pencil, serta stickbait.

  • Popper chugger

Umpan ini mempunyai bentuk yang mirip dengan mangkok yang tujuannya untuk splashing air pada saat twitching. Umpan ini bisa digunakan di laut maupun di air tawar.

Lure ini memiliki berbagai ukuran tergantung dari ikan yang akan dijadikan target. Biasanya apabila digunakan untuk casting di air laut maka akan menggunakan ukuran yang lebih besar.

  • Pencil popper

Biasanya umpan ini sering juga disebut dengan popper pisang. Popper ini jenis memiliki bentuk ramping yang mirip buah pisang sehingga ketika digunakan action nya berbeda dengan chungger yang membuat ikan tertarik ketika melakukan splashing air, tetapi action WTD atau Zigzag yang dihasilkan.

Umpan ini juga mudah untuk digunakan serta simpel. Kita hanya perlu sedikit latihan dengan melemparkannya ke zona strike .

Setelah itu arahkan joran ke samping dengan ujung tip kebawah lalu twitching seiring dengan konstan retrieve.

  • Stickbait

Bentuknya mirip dengan pencil popper. Perbedaannya hanya terletak pada bentuk mulutnya yang tidak terlalu runcing dengan pencil popper. Selain itu juga bentuknya tidak sepanjang pencil popper.

Apabila pencil popper bisa dimodifikasi untuk melakukan action dibawah permukaan air maka untuk stickbait dirancang khusus untuk melakukan action pada permukaan air. Penggunaan umpan tersebut sama seperti pencil popper.

2. Minnow

Minnow
Minnow

Umpan casting jenis ini termasuk dalam kategori subsurface dan diving lure. Umumnya lure minnow memiliki berat, karakter, action dan warna yang berbeda-beda. Jenis umpan berdasarkan kedalaman menyelamnya :

  • Floating

Pada dasarnya lure ini jika dibiarkan saja akan mengambang, namun pada saat kita melakukan retrieve maka akan menimbulkan action dan menyelam dan jika di pause maka akan kembali seperti semula yaitu mengambang.

Untuk kedalaman lure juga berbeda-beda ada shallow diving dan ada deep diving. Untuk umpan shallow maka memiliki kedalaman air dangkal sekitar 1-3 meter. Dan Deep diving memiliki kedalaman 3 meter sampai dengan 6 meter.

Penggunaan lure floating sangat sesuai jika digunakan untuk memancing yang banyak ranting-ranting pohon ataupun batu karang.

Jika kamu masih bingung mengenai karakter ini maka mudah saja membedakannya , biasanya lure ini ditandai dengan menggunakan huruf F pada spesifikasi produknya.

  • Suspending

Karakter suspending mirip dengan floating lure, perbedaannya hanya sedikit saja. Apabila kita cast menggunakan suspending lure maka akan melayang diatas permukaan air. Untuk bagian punggung akan timbul di permukaan sedangkan pada bagian kepalanya akan sedikit tenggelam.

Lure ini juga memiliki action dan daya tahan yang bervariasi. Terdapat ciri khusus yaitu ada bentuk huruf SP.

  • Sinking

Pada lure jenis ini bobotnya lebih berat jika dibandingkan dengan suspending lure atau floating lure. Ketika digunakan lure ini akan tenggelam perlahan-lahan dengan sendirinya.

Jadi jika kita tinggal retrieve perlahan, tingkat kedalamannya juga akan bervariasi.

3. Vibration / Vibe / Swimsuit

Swimsuit Lure
Swimsuit Lure

Umpan casting atau Lure ini termasuk kedalam kategori diving lure. Lure ini juga memiliki daya selam yang jauh sampai tengah kedalaman air.

Lure ini akan memberikan action dengan getaran-getaran di dalam air seperti ikan kecil yang sedang berenang di air sehingga dinamakan dengan vibration.

4. Metal Jig

Metal Jig Lure
Metal Jig Lure

Umpan tiruan ini diperuntukkan untuk memancing dengan teknik jigging. Metal jig berbahan dasar metal seperti timbal yang dibalut dengan aksen warna dan bentuk yang menyerupai ikan.

Teknik dengan menggunakan metal jig juga cukup mudah yaitu cukup dilontarkan ke air lalu tunggu sampai ke dasar laut. Setelah itu lakukan retrieve kemudian joran diayunkan ke atas sesuai dengan ritme jigging.

5. Crankbait

Umpan Casting Crankbait Lure
Crankbait Lure

Lure ini berbentuk ikan kecil yang bantet dan lidah yang datar pada bagian mulutnya dengan bentuk yang dikhususkan agar tetap bisa berada di dalam air.

Untuk action lure ini tidak beraturan seperti halnya dengan ikan yang sedang mabuk atau sekarat sehingga akan mengundang ikan predator lain untuk memakannya.

6. Froggy

Froggy Lure
Froggy Lure

Umpan yang menyerupai kodok kecil ini biasanya dipakai oleh angler untuk memancing ikan gabus. Untuk action yang diberikan juga menyerupai kodok. Ada dua jenis tipe froggy yaitu soft frog dan hard frog.

7. Spoon

Spoon Lure
Spoon Lure

Sesuai dengan namanya lure yang satu ini bentuknya memang menyerupai sendok. Desainnya mirip dengan sendok yang akan memantulkan sinar jika berada didalam air.

Penggunaan lure ini juga sangat mudah, kita tinggal melempar lalu retrive perlahan dan ulangi terus menerus sampai ikan yang kita targetkan menyambarnya.

8. Soft Lure

Soft Lure
Soft Lure

Nama lain dari soft lure yaitu plastic lure yang terbuat dari plastik elastis. Bentuk lure ini juga bermacam-macam ada yang mirip cacing, mirip ikan, mirip sotong dan memiliki ekor curly serta bentuk lainnya.

Apabila kamu ingin menggunakan lure jenis ini maka pasangannya adalah jig head.

9. Egi/squid

Egi/squid Lure
Egi/squid Lure

Lure ini digunakan untuk memancing cumi-cumi. Bentuknya mirip dengan udang dengan sinker di bagian depan, serta hook di bagian bawah. Untuk berat dan ukuran dari lure ini juga bervariasi.

Demikian penjelasan singkat mengenai umpan buatan yang sering digunakan oleh para pemancing. Jika kamu memancing dengan teknik casting maka biasanya tak jauh dengan umpan casting diatas. 

Leave a Comment